Cara Meningkatkan Bahasa Inggris Dengan Menonton Film - Inggris Area

Tuesday, July 30, 2019

Cara Meningkatkan Bahasa Inggris Dengan Menonton Film



Menonton film merupakan cara yang sangat bagus untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda, terutama keterampilan mendengarkan dan berbicara. Film biasanya tidak dibuat untuk pelajar bahasa Inggris, tapi untuk untu dinikmati sesuai dengan percakapan aslinya. Oleh karena itu, bahasanya persis seperti yang Anda dengar dalam kehidupan nyata - diucapkan dengan cepat, dengan aksen dan pengucapan asli, serta menggunakan banyak idiom dan ungkapan sehari-hari.

Namun, bukanlah ide yangtepat untuk menjadikan ini sebagai satu-satunya metode Anda belajar bahasa Inggris. Tetaplah belajar belajar di sekolah. Tapi, akan lebih bagu lahi jika semua siswa bahasa Inggris menonton film dalam bahasa Inggris di waktu luang mereka sebagai latihan tambahan yang mungkin tidak selalu didapatkan di kelas.

Film Apa yang harus saya tonton?

Memilih film untuk ditonton sebaiknya sesuai dengan tingkat bahasa Inggris Anda. Jika tingkat bahasa Inggris Anda cukup rendah, pilih film yang sudah Anda tonton atau film yang dibuat untuk anak-anak yang menggunakan bahasa yang lebih sederhana (misalnya, film Pixar). Namun, jika Anda memiliki tingkat bahasa Inggris yang lebih tinggi, Anda dapat mencoba menantang diri sendiri dan menonton film dengan bahasa yang lebih tinggi.

Permasalahannya adalah, apa pun tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda, ketika menonton film, pasti tergoda untuk mengaktifkan subtitle. Jika demikian, saya akan merekomendasikan menggunakan subtitle bahasa Inggris sehingga Anda dapat membaca bersama saat Anda mendengarkan. Namun, jika menonton film dalam bahasa Inggris dan membaca subtitle bahasa Inggris masih terlalu sulit, Anda dapat memulai menonton film dengan subtitle dalam bahasa Anda.

Jangan takut memutar ulang bagian-bagian film yang tidak Anda pahami, atau nyalakan subtitle hanya untuk satu adegan penting. Jika Anda punya waktu, Anda bahkan dapat menonton film (atau bagian dari film) terlebih dahulu tanpa subtitle, kemudian dengan subtitle bahasa Inggris dan jika Anda masih tidak mengerti sepenuhnya, Anda dapat menontonnya terakhir kali dengan subtitle dalam bahasa Anda. Ini akan sangat membantu Anda melatih keterampilan mendengarkan bahasa Inggris Anda!

Situs web ini adalah alternatif subtitle yang sangat bagus: www.eslnotes.com. Situs ini memiliki panduan untuk banyak film populer, termasuk ringkasan plot dan daftar kata dan frasa yang mungkin tidak Anda ketahui dari film. Jika Anda membaca ini terlebih dahulu dan kemudian menonton filmnya, Anda cenderung akan memahaminya! Jika Anda belajar di sekolah/universitas yang mengedapankan bahasa Inggris, bisa jadi pihak sekolah/kampus punya DVD yang dapat dipinjam. Bicaralah dengan guru bahasa Inggris Anda untuk rekomendasi film bagus yang sesuai dengan tingkat bahasa Inggris Anda.

Bagaimana bisa menonton film berbahasa Inggris dapat membantu saya meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris?

Menonton film dalam bahasa Inggris akan membantu Anda dalam banyak hal:

1. Keterampilan mendengarkan - Anda akan mendengar bahasa Inggris digunakan dengan sangat alami. Beberapa bagian mungkin diucapkan terlalu cepat untuk Anda mengerti tetapi itu akan menjadi cara yang paling baik untuk terbiasa mendengar penutur asli berbicara satu sama lain. Anda juga akan mendengar kata-kata dan frasa bahasa Inggris dan slang informal yang jarang  ditemukan dalam buku atau kamus.

2. Keterampilan berbicara - Dengan mendengar penutur asli, itu akan membantu keterampilan berbicara Anda, terutama dalam persoalan kelancaran. Anda akan banyak mendengar bagaimana menghubungkan kata-kata, dan di mana harus menempatkan intonasi pada kata-kata dan kalimat tertentu. Sehingga lebih disarankan agar menonton film dengan teman Anda dan membicarakannya setelah itu? Atau Anda bahkan dapat menemukan skrip film yang banyak tersedia online dan memerankan adegan bersama teman-teman Anda! Anda kemudian dapat memainkan adegan untuk memeriksa apakah pengucapansudah benar.


3. Pengucapan - Kita semua tahu bahwa pengucapan bahasa Inggris sangat sulit, terlebih lagi ketika Anda membaca kata-kata cara pengucapannya. Mendengar penutur asli Bahasa Inggris berbicara satu sama lain akan membantu Anda mendengar bagaimana kata-kata tersebut diucapkan. Jika Anda menggunakan terjemahan/subtitle bahasa Inggris, Anda juga dapat melihat bagaimana kata-kata itu ditulis.

4. Kosakata - Dengan menonton film berbahasa Inggris, Anda akan mendengar banyak kata dan frasa baru, terutama ungkapan sehari-hari. Saya menyarankan agar menyediakan buku catatan setiap sedang menonton, dan menuliskan kata atau frasa baru yang Anda dengar, yang ingin dihafal, atau kata yang tidak tidak dimengerti. Anda dapat mencari artinya nanti atau bertanya kepada guru bahasa Inggris Anda.


5. Praktekkan pengetahuan - Di kelas bahasa Inggris Anda, Anda akan belajar banyak kosa kata dan tata bahasa tetapi Anda mungkin tidak tahu bagaimana menggunakannya dalam kehidupan nyata. Menonton film berbahasa Inggris akan membantu Anda memahami cara menggunakan semua pengetahuan yang telah Anda pelajari dalam situasi sehari-hari.

Jauh lebih menyenangkan untuk menonton film dalam bahasa aslinya, nyalakan subtitle (jika Anda mau) dan nikmati!

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done